Minggu, 01 November 2009

Sejarah Perkembangan Bahasa Pemrograman Pascal

Diposting oleh kamil |

Kemunculan Bahasa Pemerograman Pascal boleh dikatakan terlambat dalam sejarah perkembangan bahasa pemrograman . Karena bahasa pemrograman Pascal dapat belajar dari pendahulunya seperti Fortran, Cobol, dan PL/1 yang muncul sekitar awal tahun 1960an. Bahasa Pemrograman Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dirancang oleh Profesor Niklaus Wirth dari Technical University of Zurich, Switzerland. Yang dinamai pascal sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal. Seorang ahli matematik dan filosofer yang terkenal pada abad 17 dari perancis.
Prof Niklaus Wirth memperkenalkan Kompiler bahasa Pascal yang pertama untuk Komputer CDC 600 (Control Data Corporation) yang dipublikasikan pada tahu 1971 dengan tujuan membantu mengajar program Komputer secara sistematis khususnya untuk memperkenalkan program terstruktur .

Dalam waktu singkat bahasa Pascal telah menjadi popular dikalangan Universitas dan kemudian diajarkan dibeberapa perguruan tinggi . Beberapa profesional Komputer juga mulai beralih pada bahasa pascal . Pada kenyataanya bahasa Pascal merupakan bahasa yang paling cepat popular dibandingkan dengan bahasa-bahasa Komputer tingkat tinggi lainnya .

Standar Pascal adalah bahasa yang didefinisikan oleh K.Jensen dan Niklaus Wirth. Penerapan nyata dari standar pascal banyak yang berbeda dengan seperti apa yang telah didefinisikan oleh K.Jensen dan Niklaus Wirth. Standar pascal dieropa didefinisikan oleh ISO ( International Standards Organization ) dan di Amerika oleh kerjasama antara ANSI (Amerika National Standar Institute) dengan IEEE ( Institute of Electrical and Electronic Engineer ).

Bebera versi dari Pascal yang telah beredar dipasaran diantaranya UCSD Pascal ( University of California at San Diego Pascal ), MS-Pascal ( Microsoft Pascal ), Apple Pascal, Turbo Pascal dan lain sebagainya. Sampai saat ini untuk komputer-komputer mikro dan personal, Turbo Pascal merupakan versi bahasa Pascal yang paling populer dan paling banyak digunakan. Kompiler Turbo Pascal banyak digemari karena bersifat interaktif seperti interpreter. Selain itu Turbo
Pascal mengikuti definisi standar Pascal seperti yang didefinisikan oleh K.Jensen dan Niklaus Wirth di Pascal User Manual dan Report. Turbo Pascal adalah copyright dari Borland Inc.

1 Sejarah perkembangan Turbo Pascal

Turbo Pascal adalah sebuah sistem perkembangan perangkat lunak yang terdiri atas kompiler dan lingkungan perkembangan terintegerasi IDE ( Develovement Environment ) atas bahasa pemrograman Pascal untuk sistem operasi CP/M, CP/M-86 dan MS-DOS, yang dikembangakan oleh Borland pada masa kepemimpinan Philippe Khan. Nama Borland Pascal umumnya digunakan untuk paket perangkat lunak tingkat lanjut dengan kepustakaan yang lebih banyak dan pusaka kode sumber standar. Sementara versi yang lebih murah dan paling luas digunakan dengan nama Turbo Pascal. Nama Borlan Pascal juga digunakan sebagai dialek spesifik pascal buatan Borland.
Borland telah mengembangkan tiga buah versi lama dari turbo pascal secara gratis disebabakan karena sejarah yang panjang khusus untuk versi 1.0, 3.02 dan 5.5 yang berjalan pada sistemm operasi MS-DOS.

Turbo Pascal pada awalnya adalah kompiler Blue label Pascal yang dibuat untuk sistem operasi komputer mikro berbasis kaset, NAsSys, milik Nascom tahun 1981 oleh anders Hejlsberg. Kompiler tersebut ditulis ulang untuk CP/M dan dinamai Compas Pascal, dan kemudian dinamai Turbo Pascal untuk system operasi MS-Dos dan CP/M. Versi Turbo Pascal untuk Komputer Apple Macintosh sebenarnya telah dikembangkan pada tahun 1986, namun pemgembangannya dihentikan sekitar tahun 1992. Versi-versi lain pernah tersedia pula untuk mesin-mesin CP/M seperti DEC Rainbow dalam beberapa pengembangannya.

Borland membeli lisensi atas kompiler polypascal yang ditulis oleh Anders Hejlsberg (poly data adalah perusahaan yang didirikan di Denmark) dan menambahkan antara muka penggunaan serta editor . Anders Hejlsberg kemudian bergabung sebagai karyawan dan menjadi semua arsitek atas semua versi kompiler Turbo Pascal dan tiga versi pertamanya.


1.1 Turbo Pascal versi I

Versi pertama dari Turbo Pascal memiliki unjuk kerja yang sangat cepat dibandingkan dengan kompiler Pascal untuk komputer mikro lainnya . kompiler tersebut tersedia untuk system operasi CP/M CP/M-86, dan MS-Dos dan penggunaannya sangat luas pada masa itu .versi turbo pascal CP/M saat itu biasa digunakan pada komputer apple II yang sangat popular jika digunakn dengan sebuah Z-80 SoftCArd produk perangkat keras pertama yang dikembangakan Microsoft di tahun 1980.

Pada saat itu CP/M menggunakan format berkas executable yang sederhana dengan mengunakan ektensi .COM , system operasi MS-DOS bisa menggunakannya baik .COM ( tidak compatible dengan format yang terdapat pada CP/M) maupun format .EXE . Turbo Pascal pada saat itu hanya mendukung kode biner berformat.COM, pada masa itu hal tersebut tidak menjadi suatu bentuk keterbatasan . perangkat lunak Turbo Pascal itu sendiri merupakan berkas berektensi .COM dan berukuran sekitar 28 kilobita termasuk editor, compiler, dan linker dan rutin-rutin pusaka . Efisiensii proses edit/ kompilasi/ jalankan lebih cepat dibandingkan dengan implementasi Pascal pada kompiler lainnya disebabkan semua elemen yang terkait dalam pengembangan program diletakan pada memori komputer (RAM) dan karena kompilernya sendiri merupakan kompiler berjenis single-pass kompiler yang ditulis dengan bahasa assembler, dan untuk proses kerja kompilasi sangat cepat dibandingkan dengan produk lain ( bahkan dibandingkan dengan compiler C milik Borland sendiri ).

Ketika pertama kali versi Turbo Pascal muncul pada tanggal 20 november 1983 jenis IDE yang digunakan masih terbilang baru. Pada debutnya terhadap pasar perangkat lunak di Amerika perangkat lunak tersebut dibandrol dengan harga sekitar $ 49.99 kualitas kompiler Pascal terintegrasi terhadap dalam Turbo Pascal sangat baik dibandingkan competitor lain dan atas fitur-fitur tersebut ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

1.2 Turbo Pascal versi II dan III

Merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi sebelumnya mampu bekerja dalam memori dan menghasilkan berkas biner berektensi .COM/.CMD. dukungna atas sistem operasi CP/M dan CP/M-86 dihentikan setelah versi III

1.3 Turbo Pascal versi IV

Dikembangkan pada tahun1987 merupakan perangkat lunak yang ditulis yang untuk keseluruhan system kompiler menghasilkan berkas biner berektensi .EXE pada MS-DOS dan tidak lagi .COM. Sistem operasi CP/M dan CP/M-86 tidak lagi didukung pada versi kompiler ini versi ini pula memperkenalkan sebuah tatap muka berlayar penuh yang dilengkapi dengan menu menarik, versi –versi awal memiliki layar menu berbasis teks, dan editor berlayar penuh. Microsoft Windows belum ada pada saat versi ini dikembangkan.

1.4 Turbo Pascal versi V

Diperkenalkan dengan layar biru yang menjadi ciri khas yang sangat familiar dan kemudian menjadi merk dagang perusahaan perangkat kompiler MS-DOS sampai era DOS berakhir di petengahan tahun 1990-an.

1.5 Turbo Pascal versi VII

Versi terakhir yang pernah dikembangkan adalah versi 7 Borland Pascal 7 terdiri atas sebuat IDE dan kompiler untuk MS-DOS ,DOS terektensi , dan program Windows. Turbo Pascal 7 disisi lain hanya bisa membuat program MS-DOS standar. Perangkat lunak tersebut dilengkapi pula dengan pusaka grafis yang mengabstraksi pemrograman dalam menggunakan beberapa driver grafis eksternal, namun untuk kerja pusakan ini tidak memuaskan.

Meski semua versi Turbo Pascal mendukung inline machine code. Kode mesin yang disertakan dengan berbasi kode sumber bahasa pascal, versi-versi berikut mendukung integrasi bahasa perakit (assembler) dengan pascal secara mudah . Hal ini memungkinkan pemrogram untuk meningkatkan kerja eksekusi program lebih lanjut selain itu mememungkinkan pemrogram untuk mengakses perangkat keras secara langsung .
Dukungan atas model memori atas prosesor 8086 tersedia melalui inline assembly, opsi kompiler, dan eksensi bahasa seperti 30menggunakan kunci “absolute”.

2 Sejarah Perkembangan Delphi

Pada tahun 1995 borland menghetikan pengembangan Turbo Pascal dan menggantinya dengan Delphi berbasis objek Pascal (bahasa pascal yang telah dilengkapi dengan fitur pemrograman berorientasi objek ) perangkat lunak tersebut membawa banyak konsep baru kepada pengguna Turbo Pascal seperti konsep pemrograman berbasis RAD ( Rapid Application Develovement ) meski demikian versi 32 bit Delphi masih mendukung cukup banyak aspek-aspek yang ada pada turbo pascal. Beberapa produk lain yang compatible dengan Turbo Pascal juga bermunculan seperti Free Pascal dan Virtual Pascal.

Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak . Produk ini dikembangkan oleh Borland (sebelumnya dikenal sebagai inpires). Bahasa Delphi yang sebelumnya dikenal sebagai objek Pascal ( Pascal dengan ektensi pemerograman berorientasi objek (PBO/OOP) pada mulanya ditunjukan hanya untuk Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk linuk dan Microsoft .NET framework . Dengan mengunakan Free Pascal yang merupakan proyek opensource, bahasa ini dapat pula digunakan untuk membuat program yang berjalan disistem operasi MacOs X dan Windows CE.

Pada tahun 2001 sebuah versi linuk dikenal sebagai Kylik tersedia . dengan satu rilis baru setiap tahunnya,pada tahun 2002 dukungan untuk linux ( melalui Kylix dan CLX Component Library ) ditambahkan dan tahun 2003 .Net mulai didukung dengan munculnya Delphi .NET ( Delphi 8 ) yang kini sudah keluar, juga versi.Net terbaru yaitu RAD Studio 2007 dan Turbo Delphi .NET dengan versi desktopnya yaitu Delphi 2007 for win 32 dan Turbo Delphi.

Chief Architect yang melahirkan Delphi , dan pendahulunya turbo pascal adalah Anders Hejlsberg sampai kemudian ia pindah ke Microsoft tahun 1996 dimana ia sebagai chief designer C# dan termasuk orang kunci dalam perancangan Microsoft .NET framework didukungan penuh untuk .NET ditambahkan pada Delphi 8 ( yang dirilis pada bulan desember 2003 ) dengan penampilan user interface ( look and fell ) mirip dengan Microsoft Visual Studio .NET.

Delphi 2005 (Delphi 9) mendukung code generation baik untuk win 32 maupun .NET dan seperti yang telah dikenal fitur-fitur manipulasi data secara langsung dari database secara design-time . Ia juga membawa banyak pembaharuan pada IDE secara signifikan.

0 komentar: